Release / Rumah Belajar TBIG Solusi Pendidikan bagi Anak-Anak Putus Sekolah

 

JAKARTA, 6 Juni 2012 -  PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) bekerjasama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) hari ini meresmikan Rumah Belajar TBIG di kawasan Manggarai, Jakarta Selatan. Rumah Belajar ini diresmikan oleh Herman Setya Budi Selaku Direktur Utama TBIG dan didampingi oleh Dr Iskandar Irwan Hukomselaku Sekretaris Jenderal YCAB Foundation.  Rumah Belajar TBIG memberikan layanan pendidikan paket C bagi 180 anak putus sekolah berusia 15-24 tahun yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. 

 

Herman Setya Budi mengatakan bahwa Rumah Belajar TBIG merupakan upaya community development TBIG sebagai bentuk kepedulian TBIG terhadap pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia. “Menurut data Depdiknas, saat ini angka anak tidak melanjutkan sekolah tingkat SMP di Jakarta tahun 2009 mencapai 2.510 anak, dan SMA mencapai 4.780 anak. Sementara, untuk menghadapi era globalisasi pendidikan sudah menjadi suatu hal yang sangat penting dan fundamental. Dengan adanya rumah belajar TBIG, kami berharap dapat membantu upaya pemerintah dalam memberikan solusi pendidikan bagi masyarakat kurang mampu serta memperbaiki kualitas hidup mereka.”

 

Rumah Belajar TBIG menggunakan kurikulum yang dikeluarkan oleh Diknas dan juga berkolaborasi dengan Yayasan Bina Nusantara (BINUS) sebagai penyedia kurikulum dan sertifikat. Rumah Belajar TBIG juga mengembangkan  kursus komputer dan kursus bahasa Inggris yang tidak hanya diperuntukkan bagi siswa Rumah Belajar TBIG tapi juga untuk siswa sekolah regular yang berasal dari keluarga pra sejahtera. Dengan semakin bertambahnya kebutuhan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu, TBIG akan berupaya menambah jumlah siswa/i serta fasilitas Rumah Belajar TBIG.

Disamping itu, TBIG juga akan memberikan buku motivasi untuk anak-anak di Rumah Belajar TBIG untuk memupuk semangat anak-anak dalam berkreativitas dan berkarya. Peluncuran buku motivasi ini akan dilakukan pada 10 Juni 2012 mendatang.

 

Dr Iskandar Irwan Hukomselaku Sekretaris Jenderal YCAB Foundation mengatakan, “Kami bangga atas kepercayaan TBIG untuk menunjuk kami sebagai partner dalam mengoperasikan Rumah Belajar TBIG. Saat ini kami telah mengelola 25 Rumah Belajar di 9 propinsi di seluruh Indonesia yang telah kami bangun bersama dengan para donatur dari berbagai perusahaan, industri, komunitas dan pemerintah di berbagai tempat di Indonesia. Kami telah memberikan pelayanan pendidikan nonformal kepada lebih dari 7.000 siswa di seluruh wilayah kerja.”